Macam Macam Perangkat Keras Komputer beserta Fungsinya

azizah
By -
0
Di era modern sekarang ini, siapa yang tidak mengenal komputer? Hampir semua orang sudah tahu apa itu komputer, komputer merupakan salah satu alat yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari di era modern saat ini.

Kantor, pabrik, sekolah, pusat perbelanjaan dan tempat umum lainnya hampir semua kegiatan atau pengoprasiaannya melalui alat ini. Secara tidak langsung peran manusia pada periode ini telah digantikan dengan teknologi ini.

Tetapi banyak dari kita masih belum tahu perangkat apa yang ada di komputer itu sendiri, kita hanya tahu bahwa komputer bisa digunakan untuk internet, menonton video favorit, mendengarkan musik, melakukan pekerjaan di kantor dan sekolah.

Namun, masih banyak dari kita yang tidak terbiasa dengan keseluruhan perangkat yang dibutuhkan di komputer itu sendiri. Pada kesempatan ini, kita akan membahas satu persatu apapun untuk perangkat keras komputer yang ada di komputer. Mari kita bahas satu per satu.

Macam Macam Perangkat Keras Komputer beserta Fungsinya

Macam Macam Perangkat Keras Komputer beserta Fungsinya
Macam Macam Perangkat Keras Komputer beserta Fungsinya

Pada dasarnya, komputer bisa dikatakan sebagai sebuah sistem, kok bisa? Karena komputer itu sendiri dibangun dari satu set perangkat keras (Hardware) yang memiliki fungsinya tersendiri namun perangkat kerasnya tidak akan bekerja atau bekerja tanpa perangkat lain.

Jadi semua perangkat keras komputer itu sendiri saling berhubungan dengan perangkat lain. Selain itu, perangkat keras di komputer juga memerlukan perangkat lunak (Software) untuk mengoperasikannya, tanpa perangkat lunak (Perangkat Lunak), Perangkat keras itu hanya benda mati dan tidak dapat digunakan untuk apapun.

Perangkat Input
Pada bagian 1 kita akan membahas tentang apa yang bisa dikatakan sebagai perangkat input komputer. Perangkat input itu sendiri adalah alat yang berfungsi untuk mentransmisikan data ke CPU (Central Processing Unit) dan kemudian dalam proses di dalam CPU, disamping ada beberapa perangkat input yang memiliki 2 fungsi, bisa sebagai perangkat input dan perangkat output.

1. Keyboard
Keyboard adalah satu set tombol (huruf, simbol dan angka) yang berfungsi untuk mentransmisikan sinyal digital ke CPU. Keyboard itu sendiri adalah perangkat keras standar yang dibutuhkan di komputer atau PC.

Dan dalam perkembangannya, keyboard tehknologi sangat lambat dibandingkan dengan perkembangan Mouse, hanya pada konektor yang mengalami perkembangan, yang berawal dari konektor AT, PS / 2, USB, dan Wireless.

Sepengetahuan saya, keyboard itu sendiri terbagi menjadi 3 tipe, yaitu XT Keyboard, AT Standart, dan AT Enhanced yang memiliki tipe tombol sendiri.

2. Mouse
Jika ini maaf ya, saya belum bisa menggambarkannya. perangkat keras komputer juga dibutuhkan dalam grafis berbasis komputer, jadi perangkat ini harus ada saat kita ingin menggunakan grafis berbasis sistem komputer, kalau untuk berbasis tex kita tidak terlalu membutuhkannya.

Mouse berkembang cukup pesat, mulai dari Mouse Serial, Ball, PS / 2, dan Optics. Mouse itu sendiri juga terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Mechanical, Optomekanikal, dan Optik.

3. Scanner
Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk membaca ilustrasi teks atau teks di atas kertas dan bisa berupa gambar dan kemudian menerjemahkan informasi menjadi bentuk yang bisa dibaca oleh komputer.

Pada prinsipnya pemindai bisa dikatakan sebagai mesin fotokopi, namun memiliki perbedaan dengan mesin fotokopi.

Data yang didapat dari pemindai yang masuk ke komputer bisa diolah atau diedit ulang, sedangkan copynya tidak bisa.

4. Bar Code Reader
Bar Code Reader atau yang sering kita kenal dengan nama barcode ini memiliki fungsi translate atau reading barcode pada berbagai permukaan. Perangkat yang satu ini sering kita lihat saat kita berbelanja di supermarket, yang ada di kasir lho.h

Selain itu Barcode Scanner juga ada tipe lho. Barcode Scanner type division ini berbasis pada sumber cahaya dan cangkangnya.

5. Joy Stick, Game Pad
Nah kalau perangkat keras komputer yang satu ini hanya berfungsi untuk dimainkan, maka saat kita ingin bermain game di komputer bisa menggunakan perangkat keras komputer yang satu ini sehingga ketika melakukan manuver sulit saat menggunakan keyboard dan mouse, dengan tool ini akan memberikan kemudahan dalam bermain game

6. Layar sentuh
Taouchscreen sendiri memiliki fungsi yang hampir sama dengan mouse, penunjuk, dan pulpen ligth. TouchSreen adalah jenis Display Screen yang memiliki panel panel coating transparan dan memiliki sentuhan sensitif.

Perbedaan touchsreen bisa kita pakai secara langsung tanpa menggunakan media dengan menyentuh benda-benda di layar. Penggunaan touchsreen memberi lebih banyak pengalaman kepada pengguna komputer terutama di era modern saat ini.

Kita bisa menemukan perangkat ini di layar monitor layar, layar Mobile sekarang banyak yang menggunakan teknologi touchsreen.

7.Track Pen / Stylus
Track Pen itu sendiri memiliki fungsi seperti mouse, hanya saja bentuknya yang menyerupai pulpen atau pensil. perangkat ini hanya tersedia pada perangkat komputer modern.

Pena stylus itu sendiri bisa digunakan untuk menulis di layar monitor tanpa menggunakan tinta. Pena yang paling banyak digunakan di perangkat PDA dan di era modern ini kita bisa temukan di salah satu gadget terkenal yang telah disertakan dengan gadget

8. OCR dan OMR
OCR dan OMR memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu membaca kode batang dari bentuk yang diberi kontras warna pada form. Alat ini biasanya digunakan untuk memperbaiki lembar uji yang biasanya di test sheet ada barcode transparan maka kita hanya menambahkan kontras dengan warna, nah warna yang digunakan juga tidak sembarangan, tapi menggunakan warna tertentu.

Seperti dalam melakukan tes kita hanya diperbolehkan menggunakan pensil 2B, ini agar mesin OCR dan OMR bisa membaca kode batang yang kita buat dalam bentuk.

9. Kamera Digital
Kamera digitil adalah mesin pometret yang hasilnya langsung adalah file digital, dimana file ini dapat langsung ditransfer ke komputer dan setelah komputer file tersebut dapat diproses atau diedit ulang dengan menggunakan software editing. beda lagi dengan filmnya.

Selain itu kamera digital juga bisa berfungsi sebagai perekam kamera.

Dari berbagai perangkat input di atas, pada dasarnya itu hanya dibutuhkan keybord dan mouse, tapi tidak ada salahnya membahas beberapa perangkat input yang sering kita jumpai. Namun diantara 9 perangkat input diatas masih banyak perangkat input lainnya.

Perangkat Utama

Pada bagian 2 ini, perangkat keras komputer berbeda dengan input perangkat keras komputer pada bagian pertama dimana perangkat keras komputer kedua berisi perangkat keras komputer (Hardware) yang berfungsi untuk mengolah data yang berasal dari perangkat keras komputer input di atas. mari kita bahas satu-satu perangkat yang ada di CPU.

1. Motherboard (Induk)
Motherboard yang dikenal dengan Mainboard, Mainboard sendiri berfungsi sebagai tempat memasang atau merakit perangkat keras yang terdapat di CPU, seperti Processor, RAM, VGA Card, LAN Card dan beberapa perangkat keras lainnya.

Di dalam papan motherboard ada berbagai sirkuit elektronik yang berfungsi untuk mengatur kinerja perangkat keras yang terpasang di motherboard.

Selain Porter, Slot dan Socket mandiri yang berfungsi untuk menempatkan Processor, RAM, VGA Card, LAN Card dan Port and Slot untuk perangkat input dan output.

jadi motherboard bisa dikatakan sebagai perangkat keras utama di komputer, karena di sinilah data yang masuk akan diproses dan kemudian dikeluarkan lagi melalui perangkat output.

2. RAM (Random Access Memory) / Memori
Random Access Memory yang kita kenal dengan istilah RAM yang memiliki fungsi menyimpan data saat datang dari perangkat input. Garis besar Secra Memory terbagi menjadi 3 bagian utama.

Yaitu Tingkat Pertama (L1) Chace, Second Level (L2) Chace, dan Memory Module. Nah pada kesempatan ini kita akan membahas Memory Module dulu ya.

Modul memori adalah perangkat keras yang berada di dalam CPU yang memiliki kelebihan bisa diganti sesuai dengan keiinginan kita, namun harus diingat sebelum mengubah tampilan pertama dari tipe slot RAM yang ada dimotherbord kita.

Modul memori itu sendiri memiliki 3 jenis pin pada periode ini, yaitu DDR, DDR2, dan DDR3. Dalam ketiga modul tersebut memiliki karakteristik tersendiri.

Lebih lengkap; silahkan baca:
Pengertian RAM dan Fungsinya serta Jenisnya
Pengertian DRAM dan Fungsinya

3. Prosesor
Apa itu prosesor? Prosesor bisa dianggap sebagai perangkat komputer utama, kenapa begitu? Karena prosesor adalah perangkat keras komputer yang bertugas mengolah data ke dalam CPU dan kemudian mengeluarkan data kembali melalui perangkat output.

Prosesor itu sendiri bisa disebut sebagai otak komputer, karena tugas prosesor lebih berat daripada perangkat keras komputer perangkat keras komputer lainnya, prosesor yang tidak asing itu sendiri selalu dilindungi oleh kipas pendingin yang kita kenal sebagai Heatsink.

Kipas pendingin ini akan membantu memanaskan prosesor saat bekerja.

Bisa kita bayangkan jika otak kita sendiri panas atau banyak masalah, tidak bisa fokus pada pekerjaan, pasti pengennya liburan atau mainkan, begitulah prinsip kerja prosesor yang selalu membutuhkan pendingin untuk prosesor kerja tidak.

4. Harddisk
Hardisk adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan data utama di komputer. Pada hardisk ini akan disematkan perangkat lunak untuk mengoperasikan komputer, baik itu dari perangkat komputer itu sendiri maupun berbagai aplikasi yang dibutuhkan.

Selain menyematkan perangkat lunak yang dibutuhkan, hardisk juga digunakan sebagai penyimpanan data dalam bentuk file yang dibutuhkan.

Lebih lengkap: Pengertian Harddisk dan Fungsinya serta Bagian bagiannya

5. Ruang CD / DVD
Ruang CD / DVD pada dasarnya bisa dikatakan sebagai perangkat input atau output, kenapa begitu, karena CD / DVD Room sendiri bisa membaca data yang berasal dari fragmen CD / DVD yang dimasukkan ke perangkat ini, lalu data tersebut diolah.

Tapi saya mengelompokkan Ruang CD / DVD ini ke dalam kelompok CPU dimana fungsi Ruang CD / DVD dikatakan hampir mirip dengan hard drive yang berfungsi sebagai toko data melalui media CD / DVD.

6. Flopy Drive
Apa itu Flopy Drive? Flopy Drive sendiri bisa dianggap sebagai ruang CD / DVD. Bagaimana bisa ? Flopy Drive adalah perangkat keras komputer yang bisa membaca data melalui media disket yang pada saat itu belum diaplikasikan pada ruang CD / DVD di PC. Jadi Flopy Drive adalah generasi pertama media data reader via media disket sebelum CD / DVD.

Mungkin sekarang kita sudah jarang menemukan perangkat keras komputer ini, karena keterbatasan media penyimpanannya yang kecil, penyimpanan data eksternal melalui media disket telah ditinggalkan dan beralih ke CD / DVD.

7. Power Supply
Power Supply adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memberikan energi listrik ke perangkat keras (Hardware) yang berada di dalam CPU.

dimana prinsip kerja catu daya ini mengubah arus AC menjadi DC dan kemudian dari pasokan listrik ini memasok energi listrik ke perangkat keras CPU yang telah ditentukan tenaganya sesuai dengan pinout catu daya itu sendiri.

Beberapa hardaware yang membutuhkan pasokan energi listrik yaitu motherboard, harddisk, CD / DVD Room dan Flopy Drive.

8. Cassing
Cassing adalah wadah untuk menempatkan perangkat keras-perangkat keras CPU, seperti modherboard, power supply, hard drive, flopy drive, ruang CD / DVD etc.b.

Perangkat Output

Apa itu perangkat Output? Perangkat keluaran yang sering disebut perangkat output adalah alat yang berguna sebagai viewer / view hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer / CPU. Nah, setelah kita membahas tentang perangkat input (Bagian 1) dan perangkat CPU (Bagian 2), sekarang kita akan membahas apa saja perangkat outputnya. mari kita bahas bersama ....

1. Monitor
Monitor adalah alat output yang paling umum yang berfungsi untuk melihat hasil pengolahan data melalui layar, baik berupa data berupa gambar, karakter, atau warna. Di era modern, monitor mengalami perkembangan pesat, mulai dari tipe monitor CRT (Chatode Rays Tube), LCD (Liquid Cristal Display), LED (Light Emitting Diode), dan monitor Plasma.

2. Proyektor
Proyektor adalah perangkat output yang memiliki fungsi yang sama dengan monitor, selisih Proyektor dapat menampilkan hasil pengolahan data dari komputer dengan resolusi besar dengan menyoroti cahaya pada media, sehingga hasil pengolahan data dapat dilihat dengan jelas. Penggunaan alat yang satu ini hanya pada hal-hal tertentu.

3. Printer (Mesin Pencetak)
Printer adalah salah satu perangkat output yang berfungsi sebagai alat printer. Dari sisi fungsi, printer dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu Dot Matrix Printer, Ink Jet Printer, dan Laser Jet Printer. untuk penggunaannya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Plotter
Plotter sendiri sebenarnya masuk dalam kategori printrer, prinsip karana dari karya plotter yang sama dengan printer adalah sebagai alat printer, bedanya plotter dan printer plotter digunakan untuk mencetak pada media yang cukup besar, seperti membuat poster, pamflet dsbb, sementara printer itu sendiri hanya digunakan untuk mencetak pada media kecil.

5. Speaker
Spiker adalah perangkat output yang berfungsi sebagai media penghasil suara. dimana speaker sendiri banyak digunakan sebagai loudspeaker dalam pemutaran file audio dan video yang berasal dari komputer.

Dari berbagai perangkat output di atas, ada banyak perangkat output lainnya, namun secara umum perangkat yang sering digunakan adalah monitor, proyektor, printer dan speaker. Sekarang kita tahu sedikit perangkat keras apa yang ada di komputer

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)