Ketika kita berbicara tentang komputer, seringkali kita lebih fokus pada perangkat lunak yang digunakan atau hasil yang ingin kita capai. Namun, ada komponen penting lainnya yang memungkinkan kita berinteraksi dengan komputer, yaitu perangkat masukan / input device.
Perangkat masukan / input device adalah alat yang memungkinkan pengguna untuk mengirim data, informasi, atau sinyal kontrol ke komputer.
Semua instruksi, teks, atau perintah yang kita ketik atau sampaikan ke komputer melalui perangkat masukan / input device ini akan diproses oleh Unit Pemrosesan Pusat (CPU) untuk menghasilkan output yang sesuai.
Perangkat Masukan atau masukan / input device Device
20 Macam Perangkat Masukan atau Input Device |
Pada artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis perangkat masukan / input device yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari keyboard hingga perangkat biometrik, mari kita pelajari lebih lanjut tentang peran mereka dalam membantu kita berinteraksi dengan dunia komputasi.
Keyboard
Keyboard adalah salah satu perangkat masukan / input device paling dasar yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer. Ini terdiri dari sejumlah tombol yang mewakili huruf, angka, karakter khusus, dan fungsi-fungsi tertentu. Keyboard umumnya terhubung ke komputer melalui kabel USB atau melalui perangkat Bluetooth untuk komunikasi nirkabel.
Ada berbagai jenis keyboard yang digunakan di berbagai negara dan bahasa. Salah satu yang paling umum adalah keyboard QWERTY yang biasa digunakan di hampir seluruh dunia, meskipun beberapa negara memiliki layout khusus seperti keyboard AZERTY yang digunakan di Prancis. Selain itu, ada juga keyboard DVORAK yang dirancang khusus untuk meningkatkan kecepatan mengetik dengan mengurangi pergerakan jari.
Baca juga: Jenis keyboard berdasarkan konektornya
Mouse
Mouse adalah perangkat masukan / input device yang dirancang untuk menggerakkan kursor atau penunjuk di layar komputer. Ini memiliki dua tombol utama dan gulir di antara mereka. Mouse bekerja dengan cara menggerakkan perangkat di permukaan datar, dan gerakan ini akan tercermin sebagai gerakan kursor di layar komputer.
Selain mouse biasa, ada juga trackball mouse yang merupakan perangkat tetap yang memiliki bola yang bisa digerakkan dengan jari untuk mengendalikan kursor. Selain itu, ada juga mouse optik yang menggunakan teknologi cahaya untuk mengontrol gerakan kursor. Yang terbaru adalah mouse nirkabel yang tidak perlu kabel dan menggunakan teknologi nirkabel seperti Bluetooth atau Wi-Fi untuk berkomunikasi dengan komputer.
Scanner
Scanner adalah perangkat masukan / input device yang digunakan untuk mengubah gambar atau teks pada kertas menjadi data digital yang dapat ditampilkan di layar komputer. Ini bekerja dengan memindai gambar atau dokumen menggunakan teknik pengenalan karakter optik. Ada beberapa jenis scanner yang berbeda, termasuk scanner flatbed yang memiliki kaca datar dan menggeser cahaya di bawah kertas untuk pemindaian, serta scanner bergerak tangan yang dioperasikan dengan tangan dan digunakan untuk pemindaian manual.
Selain itu, ada scanner sheetfed yang memindai dokumen dengan mengalirkannya melalui perangkat, scanner drum yang menggunakan tabung fotomultiplier untuk pemindaian tingkat tinggi, dan scanner foto yang dirancang khusus untuk pemindaian foto dengan resolusi tinggi.
Joystick
Joystick adalah perangkat masukan / input device yang digunakan terutama untuk bermain game. Ini terdiri dari tongkat yang dapat digerakkan dengan dasar bulat. Joystick memungkinkan pengguna untuk mengontrol pergerakan kursor atau objek di layar dengan presisi. Ini sering digunakan dalam permainan yang memerlukan kendali yang halus, seperti permainan pesawat terbang atau simulator.
Light Pen
Light pen adalah perangkat masukan / input device komputer yang menyerupai pena. Ujung light pen mengandung detektor yang sensitif terhadap cahaya dan memungkinkan pengguna untuk menunjuk atau memilih objek di layar. Light pen bekerja dengan mendeteksi lokasi objek yang dituju dan mengirim sinyal yang sesuai ke CPU. Meskipun light pen adalah perangkat menarik, namun saat ini sudah jarang digunakan karena tidak kompatibel dengan layar LCD.
Digitizer
Digitizer adalah perangkat masukan / input device komputer yang memiliki permukaan datar dan biasanya dilengkapi dengan stylus. Ini memungkinkan pengguna untuk menggambar gambar dan grafik menggunakan stylus seperti menggambar di atas kertas dengan pensil. Gambar atau grafik yang digambar di digitizer muncul di monitor atau layar komputer dan dapat disimpan dalam format digital. Ini sering digunakan dalam aplikasi desain grafis dan CAD (Computer-aided design).
Microphone
Microphone adalah perangkat masukan / input device yang digunakan untuk merekam suara. Ini menerima getaran suara dan mengubahnya menjadi sinyal audio yang dapat disimpan dalam komputer. Microphone digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk komunikasi suara, merekam suara untuk presentasi, dan konferensi video. Ada berbagai jenis microphone, termasuk microphone dinamis, microphone kondensor, dan microphone ribbon.
Magnetic Ink Character Recognition (MICR)
MICR adalah perangkat masukan / input device komputer yang dirancang untuk membaca teks yang dicetak dengan tinta magnetik. Ini adalah teknologi pengenalan karakter yang menggunakan tinta magnetik khusus yang sensitif terhadap medan magnetik. MICR banyak digunakan di bank untuk memproses cek dan dokumen keuangan lainnya. Ini dapat memproses ratusan cek dalam satu menit dengan akurasi 100%.
Optical Character Reader (OCR)
OCR adalah perangkat masukan / input device komputer yang dirancang untuk mengonversi gambar atau teks cetak menjadi teks digital. Ini banyak digunakan di kantor dan perpustakaan untuk mengubah dokumen dan buku menjadi file elektronik yang dapat diedit. OCR memindai dokumen fisik menggunakan scanner, kemudian mengubahnya menjadi gambar dua warna (hitam dan putih) yang kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi karakter.
Kamera Digital
Kamera digital adalah perangkat masukan / input device yang digunakan untuk mengambil foto dan merekam video secara digital. Kamera ini dilengkapi dengan sensor gambar untuk menangkap gambar, dan hasilnya disimpan dalam kartu memori. Ini berbeda dari kamera tradisional yang menggunakan film. Kamera digital telah mengubah cara kita berinteraksi dengan gambar dan video, membuatnya lebih mudah untuk berbagi dan mengedit hasil foto dan video kita.
Paddle
Paddle adalah perangkat masukan / input device sederhana yang sering digunakan dalam permainan. Ini adalah roda yang dipegang dengan tangan dan digunakan untuk mengontrol kursor atau objek dalam permainan dengan gerakan maju-mundur. Paddle sering digunakan sebagai alternatif untuk joystick dalam beberapa jenis permainan.
Steering Wheel
Steering wheel adalah perangkat masukan / input device yang digunakan dalam permainan balap dan simulator mengemudi. Ini bekerja seperti setir sungguhan dan memungkinkan pemain untuk mengambil belokan kanan atau kiri dalam permainan. Beberapa roda kemudi juga dilengkapi dengan pedal akselerasi dan rem serta mekanisme penggantian gigi.
Gesture Recognition Devices
Perangkat pengenalan gerakan adalah perangkat masukan / input device yang mengambil gerakan tubuh manusia sebagai masukan / input device. Salah satu contohnya adalah Kinect, yang mengamati gerakan tubuh pemain dan menggunakannya sebagai masukan / input device dalam permainan video. Fitur ini juga tersedia dalam beberapa tablet dan ponsel pintar di mana Anda dapat melakukan tugas-tugas tertentu seperti mengambil foto dengan menggunakan gerakan jari.
Light Gun: Menembak Sasaran di Layar
Light gun adalah perangkat masukan / input device yang dirancang untuk menunjuk dan menembak sasaran di layar dalam permainan video atau arcade. Saat pemain menunjukkan senjatanya ke target di layar dan menarik pelatuknya, layar akan mati sejenak. Selama saat tersebut, fotodioda di dalam senjata menentukan di mana senjata diarahkan, dan ini digunakan untuk menentukan apakah sasaran berhasil ditembak.
Touchpad
Touchpad adalah perangkat masukan / input device yang umumnya ditemukan di laptop sebagai pengganti mouse. Ini memungkinkan Anda untuk menggerakkan atau mengontrol kursor di layar dengan menggunakan jari Anda. Seperti mouse, touchpad juga memiliki dua tombol untuk klik kanan dan kiri. Dengan menggunakan touchpad, Anda dapat melakukan semua tugas yang biasanya Anda lakukan dengan mouse.
Remote
Remote adalah perangkat keras yang dirancang untuk mengendalikan fungsi perangkat dari jarak jauh, seperti pengontrol TV yang memungkinkan Anda mengganti saluran atau mengubah volume dari tempat duduk Anda. Remote mengirimkan gelombang elektromagnetik untuk berkomunikasi dengan perangkat yang dikendalikan, seperti sinar inframerah atau gelombang radio.
Touch Screen
Layar sentuh adalah layar perangkat seperti smartphone, tablet, dan lainnya yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat dengan menyentuhnya. Dengan menyentuh layar, Anda dapat membuka aplikasi, mengambil foto, memutar video, dan banyak lagi. Layar sentuh telah mengubah cara kita berinteraksi dengan perangkat elektronik.
VR
VR, atau virtual reality, adalah lingkungan buatan atau virtual yang dihasilkan oleh komputer. Seseorang dapat berinteraksi dengan objek-objek virtual dalam lingkungan ini menggunakan perangkat masukan / input device seperti headset VR, sarung tangan, dan headphone. VR memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman yang sama sekali baru, seperti berjalan di pantai atau menyaksikan pertandingan sepak bola, tanpa benar-benar melakukannya.
Webcam
Webcam adalah kamera yang terhubung ke komputer. Ini dapat digunakan untuk mengambil foto dan merekam video, yang kemudian dapat ditampilkan di layar komputer. Webcam banyak digunakan untuk konferensi video, panggilan video, atau bahkan siaran langsung di internet. Ini berbeda dari kamera digital karena dirancang khusus untuk mengambil gambar yang dapat dengan mudah diunggah ke internet.
Perangkat Biometrik
Perangkat biometrik adalah perangkat masukan / input device yang digunakan untuk mengidentifikasi seseorang berdasarkan ciri-ciri biologis mereka, seperti sidik jari, kornea mata, atau struktur wajah. Ini digunakan dalam berbagai aplikasi keamanan dan identifikasi. Perangkat biometrik dapat berupa pemindai wajah, pemindai tangan, pemindai sidik jari, pemindai retina atau iris, dan pemindai suara.
Kesimpulan
Demikianlah berbagai macam perangkat masukan / input device yang memungkinkan kita berinteraksi dengan komputer. Meskipun seringkali dianggap sepele, perangkat ini memainkan peran kunci dalam membuat pengalaman komputasi kita menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan terus berkembangnya teknologi, kita dapat yakin bahwa akan ada inovasi lebih lanjut dalam dunia perangkat masukan / input device ini yang akan terus meningkatkan cara kita berinteraksi dengan komputer di masa depan. Semoga artikel ini membantu Anda lebih memahami peran penting perangkat masukan / input device dalam dunia komputasi.